Entri Populer

Sabtu, 11 Juli 2009

Dewasa

Dewasa..
Apa c dewasa itu??? Orang dikatakan dewasa apabila orang tersebut sudah mampu berkomitmen dan bertanggungjawab,apa itu aja orang bisa dikatakan dewasa???
Gw udah bisa ko berkomitmen dan bertanggung jawab,apa gw udah bisa dikatakan dewasa??? Klo belum,dewasa itu yang gimana..???
Ada tambahan lagi,dewasa itu mampu menyelesaikan suatu masalah dengan berfikir dan bertindak dengan tenang..jadi dalam pola pikir mereka,mereka akan berfikir dulu sebelum bertindak..yahhh,itu yang belum gw punya dalam diri gw,berarti secara otomatis gw belum bisa dikatakan dewasa…
Apa itu aja yang jadi tolak ukur kedewasaan..???? mnrt gw kedewasaan itu relative,tapi kedewasaan itu juga bisa jadi nilai mutlak..
Relative itu apabila seseorang sedang dalam proses kedewasaan,seperti gw yang masih berubah2 dan lagi mencari jati diri yang sesungguhnya.. setelah gw menemukan jati diri gw,otomatis lingkungan dan diri gw mengakui klo gw dewasa,dan itu bukan sesuatu yang relative lagi melainkan mutlak..
Tapi tetep dimata orang tua,kita masih anak2 karena kita lebih muda dari mereka..pernah ga orang tua kita selalu bilang “kamu tuh belum tau apa2” berarti mereka selalu menganggep kita anak kecil yang belum tau apa2..yahh emang belum tau apa2,tapi suatu saat akan tau..
Nah,kategori dewasa yang satu lagi “pengalaman” tapi belum tentu orang yang lebih tua itu punya pengalaman yang lebih dibanding yang muda,berarti dewasa ga bisa diukur dari umur juga..
Tingkah laku,yah tingkah laku.. jelas yang ini gw ga bisa dibilang dewasa cz tingkah laku gw masih berubah2 ga jelas,sampe2 diri gw sendiri pun ga tau.. haha..malu c ketika gw dihadapkan dengan orang yang lebih muda dari gw n dia bertingkah laku lebih dewasa dari gw..yahh balik lagi ke kategori ke-4,dewasa itu bukan dilihat dari umur..dan tingkah laku juga bisa dijadikan tolak ukur.
Gw udah dapet 5 kategori orang bisa dibilang dewasa..
1. Mampu berkomitmen dan bertanggung jawab
2. Mampu menyelesaikan masalah dengan berfikir dan bertindak dengan tenang
3. Sudah menemukan jati dirinya
4. Pengalaman
5. Tingkah laku
Nah klo gt,perubahan itu pasti ada proses dan faktor.. faktor apa aja c yang bisa membentuk kedewasaan???
mm..faktor intern dan ekstern yang membentuk kedewasaan..cara bergaul dan dengan sapa orang bergaul dapat membentuk jati diri seseorang.. sebuah tanggung jawab yang selalu diberikan kepada kita,dan lingkungan keluarga yang membentuk keluarga yang selalu mandiri serta sosialisasi kita terhadap masyarakat luas..
Thx.. -aRUm KuRNia MiTa-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar