Entri Populer

Sabtu, 12 Juni 2010

stories about my dad ^_^

Assalamualaikum..

saya ingin bercerita sedikit di blog ini, kisah ini tentang ayahku, ayah yang selalu bertanggungjawab dengan istri dan anak2nya.. seminggu yang lalu baru saja saya diceritakan oleh mama tentang beliau, mungkin yang diceritakan itu hanya sebagian dari perjalanan hidup beliau. cerita ini, bertujuan agar bisa jadi pelajaran untuk diriku sendiri maupun orang lain. perjalanan hidup ayahku mungkin tidak seberuntung dengan ayah dari teman2ku. beliau benar2 menjalani hidup dengan kesabaran, yang sampai akhirnya beliau bisa menyekolahkan anak2nya sampai perguruan tinggi. ayahku seorang yang pekerja keras, sabar, dan bertanggung jawab kepada keluarganya. beliau juga sangat akrab denganku, mungkin sebagian dari tmn2ku jarang yg akrab dengan ayahnya. dan juga, ayahku serba bisa, dia serba bisa benerin apapun kerusakan yg ada dirumah, sampai2 beliau menyebut dirinya mike geper "entahlah tulisannya seperti apa :D". aku mengakui dia serba bisa, beliau ayah yang bisa diandalkan oleh keluarga.walaupun kadang aku sering buat sedih beliau, aku sering melawan beliau, ataupun bantah tapi beliau selalu sabar hadapi aku, merasa bersalah bgt kalau udah buat beliau sedih, im sorry dad :((

singkat cerita, cerita ini yang saya dapat dari ibuku.. dulu yang saya tau ayahku lulusan SMA, ketika saya bertanya pada beliau, beliau menjawab hanya lulus SMP. saya tidak tau knp, saya tidak percaya kalau beliau hanya lulusan SMP, saya berpikir beliau berbohong kepada saya dan saya merasa beliau lulusan SMA. jadi sewaktu saya masih sekolah, kalo ada formulir yang menanyakan tentang pendidikan orang tua, saya selalu memilih SMA. dan ternyata, beliau tidak berbohong dan saya baru tau seminggu yang lalu kalau beliau benar2 lulusan SMP. saya tidak malu, punya ayah yang cuma lulusan SMP aja. malahan saya bangga bgt punya ayah seperti beliau, beliau itu pintar tapi hanya nasib beliau aja yang kurang beruntung pada waktu itu. beliau selalu cerita, sewaktu beliau sekolah dari angkatan beliau yang lulus hanya 3orang dan temasuk beliau, saya bangga bgt.. ayahku sebenernya mau sekolah, dia mau sekali ngelanjutin sekolahnya pada waktu itu. tapi karena keterbatasan biaya, beliau tidak disekolahkan oleh kakekku :(. sampai akhirnya beliau ditipu, ada seseorang "masih keluarga" yang awalnya bilang mau ngebiayain ayahku sekolah sampai akhirnya beliau haru meninggalkan kampung halamannya harus ke bekasi, betapa senangnya beliau ditawarkan untuk sekolah. huhh..tapi tawaran hanya tawaran, setelah ayahku meninggalkan kampung halamannya, bukannya beliau disekolahkan beliau malah disuruh jagain warung :((, sungguh kasihan ayahku.. tapi yang buat aku bangga, beliau ga pernah dendam sama orang itu, hubungan beliau masih baik2 aja sama orang itu, super dad pokoknya ^_^.. ga semua orang punya jiwa penyabar/pemaaf seperti ayahku, mungkin sebagaian orang ada yang benci atau dendam, tapi untuk ayahku "TIDAK", is the best. ya sudah ternyata ayahku hanya lulusan SMP, dan bukan masalah buat aku, malah aku bangga..

perjalanan hidup beliau tidak seberuntung saya sekarang, kalau mau apa2 tinggal minta. bener2 sehari full seminggu yang lalu saya bercerita dengan mamaku tentang ayah. dari perjalanan hidup, karir sampai cinta deceritakan oleh mama, ceritanya pun campur aduk, kadang nangis, ketawa, sampai2 tanpa ekspresi, cerita tentang ayah ini memang patut diceritakan. disesi cerita tentang perjalan cinta beliau, ternyata jaman dulu itu ga kenal yang namanya pacaran kaya sekarang. beliau tidak pacaran tuh sama ibuku, malah beliau baru 3x ketemu sama mamaku.. pertama kali ketemu, mereka berkenalan, setelah itu hari kedua ayahku datang kembali kerumah mamaku dan mereka ngobrol panjang lebar. setelah hari kedua itu beliau kembali lagi ke bekasi, mereka log distance tapi mereka bukan pacaran. mereka selalu berkirim surat, beda dengan sekarang, kalo sekarang sms/email tapi kalo mereka saling berkirim surat, hihiiii..lucu yaa :D.. ayahku bukan tipe orang yang romantis apalagi gombal, itu kata mamaku.. karena setiap mereka bersurat2an, ayahku ga pernah ngerayu mamaku. beliau hanya membalas seperlunya aja, dan ternyata ayahku itu pinter buat puisi jadi mamaku sering dibuatin, huuu... so sweett :). aku juga pernah ngebaca beberapa puisi ayahku, bukunya udah berdebu terus kertasnya udah jadi kecoklatan, sampai akhirnya mamaku dilamar :)...

setelah ayahku menikah, ternyata belum ada perubahan dari kehidupan ayahku. tapi sebelum ayah membawa mamaku meningglakan kampung halamannya, ayah bilang kepada mamaku "jgn kaget yaa hidup disana". ayah berkata seperti itu karna ayah tidak ingin memberi angan2 kosong kepada mamaku. tapi untungnya mamaku wanita yang kuat, sabar dan setia menemani ayahku sampai saat ini. ketika susah, sedih mamaku masih tetap ada disamping beliau. setelah mereka pindah ke bekasi, mereka tinggal dikontrakan kecil yang penghuninya bukan 2orang tapi lebih dari 5 org, disana tinggal om2ku. dengan gaji kecil, hanya seorang buruh dan pada waktu itu tahun 80an, ayahku masih bisa memberikan makan kepada istri dan saudara2nya.tahun 83, orangtua dikaruniai anak pertama yaitu kakakku, mempunyai anak adalah hadia terindah yang dimiliki oleh oarang tua. kebahagiaan itu ternyata dibaluti dengan kesedihan pula, ujian semakin bertambah dan kesabaran semakin diuji. ternyata kelahiran kakakku tidak seberuntung dengan yang lain, kakakku sakit2an ada penyakit diotaknya. sungguh sedih sekali perjalanan orangtuaku dulu. dengan perkerjaan sebagai buruh, yang gajinya sama sekali tidak banyak tapi beliau masih kuat untuk menghidupi istri dan saudara2nya ditambah harus sering kerumah sakit untuk membiayai kakakku, pengen sekali nangis kalau mengingat cerita ini. tapi karna beliau menjalani hidupnya dengan kesabaran dan kasih sayang, ayahku berhasil menghadapi ujian hidupnya, sampai akhirnya beliau membeli rumah yang ditempati sekarang. dan tahun 89 bulan juli tgl 5, ALLAH memberikan seorang bayi kepada orangtuaku yang kecil, imut, lucu, cantik, pintar, dan sehat yaitu aku ^_^..

aku pribadi, tidak merasakan masa2 sulit orang tuaku makanya aku agak sedikit manja dan egois, sering bantah,ngelawan pokoknya ga bgt deh, mungkin juga karna anak terakhir kali yaa, tapi walaupun kaya gitu aku sayaaaaaanggg bangeeettt sama orang tuaku, love u mom n dad ^_^

balik lagi cerita tentang ayahku, ayahku memang hanya lulusan SMP tapi kalau kalian mau tau beliau itu termasuk salahsatu orang yang berpengaruh ditempat kerjanya sekarang, sampai akhirnya beliau bisa menjadi kepala bagian, saluuutttt..
hmm..dan aku berfikir, kalau beliau bisa melanjutkan sekolahnya dulu dan sampai perguruan tinggi berarti beliau bisa mendapatkan pekerjaan lebih dari sekarang, mungkin beliau lebih pintar dari saya.. banggaaa bgt punya ayah seperti itu, berharap aku ga pernah lagi buat beliau sedih dan yang harus aku lakuin adalah buat beliau bangga.. walaupun beliau tidak pernah kuliah,pasti beliau punya cita2 menginginkan anaknya lebih dari beliau.. ^_^

huhhh.. itulah sedikit cerita yang diceritakan oleh mamaku dan diceritakan kembali olehku, cerita yang bisa memberikan pelajaran dan inspirasi buatku maupun oranglain. pelajaran yang bisa diambil dari cerita diatas adalah kesusahan ataupun ujian apapun yang dihadapi olek kita, kita harus tetap menjalaninya dengan sabar dan percaya bahwa ALLAH tidak pernah tidur dan ALLAH tidak akan memberikan ujian melebihi kemampuan kita. ujian yang dihadapi dengan kesabaran akan menghasilkan hasil yang manis nantinya. semoga kita semua menjadi orang yang selalu sabar dan penuh kasih sayang, aminn Ya ALLAH ^_^

Wass...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar